Kursus Sales – Saya paling puyeng ngeliat sales kalau jualan nyerocos terus tentang produknya atau perusahaannya tapi ga pernah peduli tentang customer sama sekali. Mereka hanya fokus pada deskripsi atau fitur produk serta prestasi barang ini dan sebagainya. Ini kesalahan pertama yang sering ditemukan dalam kursus sales.
Kesalahan kedua, sales kalau ngomong tentang keuntungan yang dibicarakan hanya tentang dapat bonus apa dan hadiah apa. Saya kadang bingung kok sales selalu mikir dari sudut sendiri terus. Keuntungan itu dilihat dari sudut customer dong. Kalau beli produk ini, keuntungan buat hidup dia apa? Bukan keuntungan beli produk dapat hadiah. Bukan itu. Keuntungan membeli produk atau jasa Anda, apa untungnya buat hidup mereka?
Jadi, saat jualan, kita harus berfokus pada keuntungan customer. Saya beri contoh agar lebih mudah.
Sales pada Umumnya Akan Berbicara:
“Mesin printer laser ini bisa mencetak ukuran A3 dan berwarna, dengan kecepatan 40 lembar per menit. Printer ini dapat bekerja 8 jam per hari non-stop tanpa terjadinya kertas nyangkut, serta bisa terkoneksi dengan jaringan network kantor.”
Kursus Sales yang Berfokus pada Customer:
“Saya lihat perusahaan Bapak banyak sekali bekerja dengan dokumen serta kertas, dan mesin ini bisa membantu pekerjaan Anda dengan lebih cepat. Bahkan bisa membuat bisnis Anda berjalan lebih efisien tanpa perlu menunggu terlalu lama dari setiap divisi, karena biasanya ketika nge-print, mesti nunggu lama. Dengan kecepatan printer ini, pekerjaan bisa lebih cepat selesai, semua divisi bisa nge-print tanpa antri, dan ini bisa menghemat biaya perawatan printer hingga 40% karena Anda tidak perlu punya printer di setiap divisi.”
Bisa lihat bedanya? Cara presentasi yang berfokus pada manfaat customer dan cara berbicara yang relevan sangat berpengaruh saat Anda berjualan. Inilah yang sering diajarkan dalam kursus sales yang efektif. Berfokus pada kebutuhan dan keuntungan bagi customer adalah kunci untuk mencapai penjualan yang sukses dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka.
Anda bisa membaca lebih lanjut membaca keseluruhan disini.
No responses yet