Ini cara kilat jalin keakraban (2)

Semangat pagi sahabat semua. Kita akan lanjutkan pembahasan yang lalu mengenai cara kilat menjalin keakraban dengan calon customer. Tips penjualan ini sebenarnya bisa kita gunakan untuk orang lain secara luas. Maksudnya bukan hanya untuk calon customer atau untuk penjualan saja. Tapi bisa kita pakai untuk bisa cepat akrab dengan orang lain. Bila yang lalu kita bercerita mengenai ilmuwan yang meneliti seekor monyet untuk menirukan gerakan yang kita lakukan. Dan monyet tersebut melakukannya. Teknik tersebut adalah matching dan mirroring.

Mudahnya kita bisa sebut adalah kita seperti berhadapan dengan sebuah kaca atau cermin. Gerakan kita akan sama persis dengan yang ada cermin. Bila tangan kanan kita angkat maka pada cermin akan rterjadi ganbar kita sedang mengangkat tangan kita. Tapi terbalik efeknya ya, tangan kanan kita maka cermin akan tangan kiri nya. Itu yang kita sebut mirroring. Nah kalau matching adalah gerakan yang sama. Bila tangan kanan kita angkat maka teman kita akan mengangkat tangan kanan juga. Artikel ini akan membahas lebih mendetail mengenai matching dan mirroring, sebagai tips penjualan.

Agar gerakan ini berhasil ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan ya. Ini memerlukan jam praktek yang cukup agar terlihat rapi dan smooth. Tanpa terkesan memaksakan gerakan dan kaku, atau seakan-akan gerakan meniru-niru teman berbicara kita.

  • Sikap

Kita wajib menyamakan sikap kita dengan sahabat berbicara kita. Hal mudah yang bisa kita lakukan adalah, hembusan dan tarikan nafasnya. Kita sama kan waktunya. Bila sahabat kita sedang menarik nafas, maka kita juga menarik nafas. Begitu juga saat sahabat kita menghembuskan nafas maka kita juga sedang menghembuskan nafas juga. Untuk yang bingung bagaimana caranya biar sama tarikan dan hembusan nafasnya. Biasanya bila seseorang selesai berbicara maka akan menarik nafasnya. Bisa selanjutnya kita ikuti.

  • Bahasa tubuh

Ikuti gerakan tubuh yang sahabat kita lakukan. Bila melakukan gerakan lipat kaki maka kita juga melakukan gerakan melipat kaki. Tidak masalah untuk kanan atau kiri nya, bila sahabat kita menggerakan kaki kanan, maka kita bisa menggerakan kaki kanan maupun kiri. Yang penting adalah melakukan nya. Dan misal sahabat memegang dagu dengan tangannya. Wajib kita lakukan juga gerakan yang sama, memegang dagu dengan tangan. Tips nya adalah berikan waktu antara 5 sampai dengan 10 detik baru melakukan pergerakan nya. Jangan terburu-buru langsung menyamakan gerakan. Maka akan terlihat aneh atau mimicking jadinya.

  • Suara

Jangan salah ternyata suara juga bisa kita sama kan loh. Apanya yang mesti sama ya? Mudah, intonasi, volume, kecepatan atau kata-kata yang mereka lontarkan. Pastikan sahabat semua, menyamakan semuanya. Misal suaranya tinggi adakan beberapa orang daerah tertentu yang memang suaranya keras dan tinggi. Maka kita bisa lakukan itu. Bukan berarti kita sedang marah-marah ya. Karena memang seperti itulah keadaannya. Volume suara harus sama, jangan ada bawah mereka atau malah atas mereka. Efeknya adalah keakraban tidak akan terjalin.

Bagaimana sahabat sales semua? Apakah mampu memahami hal ini? Agar keakraban bisa terjadi dengan cepat? Ini salah satu cara yang bisa kita lakukan. Tips penjualan yang simple dan sederhana tapi sangat powerful. Pada artikel berikut akan kami jelaskan lebih mendetil lagi mengenai proses matching & mirroring ini. Kenapa bisa kita sebut sangat powerful? Tunggu ya artikel selanjutnya. Happy selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini