4 tips Zoom selling

Semangat pagi sahabat sales, masa pandemi yang berkepanjangan membuat penjualan menggunakan sistem virtual atau online dalam menawarkan produk/jasa nya. Aplikasi yang akan kami bahas pada artikel kali ini adalah zoom. Betul, aplikasi tatap muka online yang sangat booming pada masa pandemi ini. Karena dengan adanya zoom ini, semua permasalahan yang berhubungan dengan dunia online, bisa terselesaikan. Tatap muka bisa secara virtual. Jarak menjadi tidak masalah dengan zoom ini. Tinggal klik dan klik semua terjawab permasalahannya. Tips penjualan kali ini akan membahas lebih mendalam penggunaan aplikasi zoom agar prospek menjadi tertarik kepada kita.

Mungkin terlihat mudah dan sederhana dalam penggunaan zoom ini. Tinggal pasang webcam, audio, dan jaringan internet yang bagus. Selanjutnya tatap muka sudah bisa terlaksana. Kita bisa melihat para calon customer kita dan berbicara langsung menyampaikan keinginan kita. Tapi ternyata ada kalanya walau kita sudah mempromosikan produk atau jasa kita, tapi entah kenapa, mereka sepertinya kurang peduli atau tidak tertarik dengan usaha kita saat menyampaikan prospek. Siapa yang mengalami hal ini? Tidak apa, bingung berarti tanda kita ingin mencari tahu lebih lanjut.

Kami bagikan tips sederhana, agar trik penjualan menggunakan zoom bisa berhasil. Ikuti artikel ini ya sampai selesai dan praktek agar kami tahu apakah tips penjualan ini bermanfaat atau tidak untuk sahabat sales semua.

  • Tarik perhatian

Kita tentu menginginkan agar calon customer selalu fokus kepada kita. Karena bila tidak fokus, ya usaha prospek bisa sia-sia. Cara yang mudah kita lakukan adalah memasukan hal-hal yang menarik atau memberikan kejutan-kejutab selama sesi zoom berlangsung.  Misalkan, ketika presentasi selama 30 menit, bila sesi berjalan setiap 5 menit kita stop membagi secreen kita atau layar presentasi nya. Kemudian yang kita lakukan adalah berkomunikasi dengan calon customer dengan membiarkan mereka untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan.

  • Fitur whiteboard

Sahabat sales bisa menggunakan fitur 1 ini. Whiteboard bisa kita temui pada aplikasi zoom. Gunakan fitur ini untuk berinteraksi dan mengundang partisipasi dengan customer. Sahabat sales wajib menunjukan ke customer bagaimana cara nya untuk menggunakan fitur whiteboard ini dan mintalah mereka untuk menambahkan tulisan atau lainnya. Misal, buatkah customer untuk menulis pro dan kontra mengenai produk kita atau bisa juga minta mereka untuk menuliskan kekhawatiran mereka pada fitur tersebut. Biarkan mereka menuliskannya  dan tentunya kita jawab ya setelahnya.

  • Alat peraga

Untuk makin menguatkan hubungan kita dengan customer, kita bisa menggunakan alat peraga dalam presentasi zoom kita. Misal, kita buatlah virtual background saat presentasi. Yang isinya bisa logo pertusahaan mereka. Atau bisa juga dengan gambar-gambar produk, gedung, atau hal lainnya yang berhubungan dengan perusahaan mereka. Tentunya mereka akan merasa bangga dan senang, karena kita sangat fokus pada presentasi ini. Karena nama mereka ada pada virtual background zoom.

  • Video

Gunakan klip singkat yang telah kita siapkan sebelum melakukan pertemuan zoom meeting. Tujuannya adalah agar pada saat customer mungkin mengajukan keberatan, video inilah yang akan berfungsi sebagai kekuatan kita untuk menghandlenya. Sehingga keberatan mereka bisa kita jawab dengan baik dan menjadi hilang rasa keberatannya tersebut.

Bagaimana sahabat sales? Semoga tips penjualan yang sederhana ini perihal zoom, bisa sahabat terapkan dalam presentasinya dengan customernya ya. Bila ingin mendapat tips nya secara utuh dan lebih detil, sahabat bisa membeli kelasnya pada web ini salesuniversity.id pelatihan sales yang akan banyak membantu sahabat semua. Happy selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini