Pertanyaan yang membuat cusomer berkata ya

Semangat pagi sahabat sales semua, hari yang baik untuk menambah daftar closingan kita nih. Sebagai sales mungkin kita sudah sering mendapatkan penolakan dari calon customer kita ya. Sudah kita bercerita panjang lebar mengenai produk yang kita punya, malah ujung-ujungnya berkata tidak alias NO. Dan tidak terjadi pembelian. Sepertinya kita kayak buang-buang waktu ya untuk menawarkan produk ke calon customer nih.  Bagi yang sudah banyak membaca artikel-artikel kami pasti tahu apa yang salah dengan pernyataan tersebut. Atau yang pernah mengikuti pelatihan sales dengan kami juga akan mampu melihat kesalahan yang terjadi. Apa hayo?

Tips penjualan yang bisa kami berikan untuk kondisi tersebut adalah menggali kebutuhan. Apa sudah ada yang bisa paham arah tips ini akan kemana? Atau malah masih bingung. Tidak apa, akan kami jelaskan lebih lanjut. Jadi baca ya sampai selesai artikel ini. Banyak manfaat yang akan kami berikan pada setiap artikelnya. Jadi sahabat juga bisa men share informasi ini kemana pun sehingga pra sahabat sales yang lainpun bisa mendapatkan informasi bermanfaat ini.

Jadi sebelum kita bercerita terlalu melebar kemana-mana dengan calon customer. Hal utama yang harus dan wajib kita lakukan adalah menggali kebutuhan terlebih dahulu dengan calon customer. Cari tahu apa yang sangat penting untuk membeli produk atau jasa kita. Ini bisa kita lakukan dengan pertanyaan-pertanyaan. Akan kami berikan contohnya :

Sales : bapak mencari laptop dengan kriteria apa ya pak?

Customer : saya membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang bagus untuk menunjang pekerjaan saya dalam mengerjakan design, RAM nya harus besar dan gambar layarnya juga harus jernih.

Nah setelah kita mendapatkan jawaban tersebut. Tugas kita sebagai sales, selanjutnya adalah mempresentasikan produk sesuai dengan kebutuhan customer tersebut. Jadi apa yang mereka butuhkan? Bisa baca lagi percakapan sebelumnya. Jadi kita sebagai sales wajib mendengarkan kalimat yang mereka katakan, dan ambil kata kunci yang menjadi hal yang penting bagi mereka. Bisa katakan sebagai berikut :

Kebetulan nih pak, saya menjual laptop yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan bapak. RAM 16Gb sangat mendukung sekali untuk membuka aplikasi design tanpa takut akan terasa lemot kinerja laptopnya. Lalu resolusi layarnya sudah 4K nih, jadi gambarnya akan sangat jernih dan terang sekali. Sehingga detil gambar akan makin terlihat. Jadi kalau bapak presentasi ke klien, mereka akan takjub loh.

Selanjutnya bisa melakukan demo dengan menggunakan laptop tersebut. Tunjukan bahwa kinerjanya tidak lambat dengan membuka berbagai aplikasi dan biarkan mereka yang mengoperasikan nya sendiri. Lalu bisa mulai masuk ke teknik closing. Bisa katakan sebagai berikut :

Nah bapak sudah mencoba sendirikan laptop ini, sesuai kebutuhan yang bapak katakan tadi. Mampu mengerjakan tugas design, RAM besar, gambar jernih. Nah laptop ini lah yang menjadi jawaban atas seluruh pertanyaan bapak tadi. Saya proses untuk pembayarannya ya pak. Semoga teknik ini bisa membantu sahabat sales ya. Dan kami doakan agar penjualannya semakin meningkat ya. Happy selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini