startup, business, people

Mati gaya saat presentasi visual

Semangat pagi sahabat sales semua. Apa kabar nya hari ini? Tetap semangat ya mengejar closingan. Masih kondisi pandemic nih, bagaimana sahabat semua dalam melakukan presentasinya? Ada mengalami kesulitan atau biasa saja? Nah pada artikel kali ini akan kami bagikan tips penjualan cara menghadapi calon customer dalam presentasi secara online. Tip ini juga ada pada pelatihan sales yang bisa sahabat dapatkan pada web salesuniversity.id. Bisa silahkan mencarinya. Tanpa terlalu banyak basa-basi kita bahas yak.

Banyak sahabat sales yang kurang lebih mengalami kesulitan dalam melakukan presentasi secara daring/online/virtual. Karena merasa tidak berhadapan secara langsung dengan calon customer. Tidak face to face atau ketemu muka langsung. Jadi merasa agak canggung, menghadapi sebuah gadget untuk melakukan presentasi. Seperti melakukan presentasi secara sendirian. Berbicara panjang lebar sendirian.

Yang sahabat sales wajib lakukan pertama kali dalam menghadapi presentasi ala virtual adalah, tetapkan mindset nya sebagai berikut. Tetap membawakan ‘spirit atau soul’ bahwa kita melakukan presentasi ini seperti menghadapi orangnya secara langsung. Bila berhadapan dengan 5 orang. Rasakan bahwa depan kita ada benar-benar 5 orang tersebut sedang memperhatikan kita. Dan bmalah bukan sekedar seperti berbicara dengan kamera saja. Gunakan feel tersebut, kita berbicara langsung dengan orangnya bukan dengan sebuah benda ‘kamera’.

Setelah bisa mendapatkan soul tersebut, langkah selanjutnya yang kita persiapkan adalah peralatannya. Yaitu dengan menempatkan kameranya sehingga angle nya menjadi bagus dan enak secara visual pada layar monitor komputer. Dengan mengatur posisi duduk kita, jangan terlalu jauh dan dekat dengan kamera. Ini sama halnya dengan kita berhadapan langsung saat presentasi. Kita mengatur posisi duduk kita yang bisa enak dan bersahabat dengan mereka. Tanpa mereka akan melakukan judging saat kita presentasi.

Mata kita wajib sejajar dengan lensa kamera ya. Seperti eye to eye atau mata ketemu dengan mata. Sama hal nya ketika para sahabat menatap langsung mata partner bicara kita.

Mungkin ada yang mengalami kesulitan untuk bisa menatap lensa kamera secara terus menerus. Wajar kok ini memerlukan pengalaman berulang-ulang, agar terbiasa. Bisa juga kita menempelkan foto orang yang kita tempelkan pada belakang kamera. Ini bisa membantu kita untuk lebih fokus menatap lensa kamera. Jadi buatlah seakan-akan kita berhadapan langsung dan menatap partner saat berbicara dan presentasi.

Kiranya artikel ini bisa membantu sahabat sales ya. Tips penjualan ini dapat kita terapkan pada saat melakukan presentasi dengan customer. Bila ingin mendapatkan informasi lebih banyak bisa melihat pelatihan sales lainnya dalam web salesuniveristy.id. Kami siap membantu para sahabat sales. Happy selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini