Sudah banyak omong tapi prospek ga beli juga

Semangat pagi sahabat sales. Pernah mengalami kejadian tersebut kah? Sudah mulut sampai berbusa, banyak omong gitu prospekin customer. Eh kenapa gak beli-beli yak? Segala ilmu per prospek an sudah kita keluarkan deh. Kapan mereka menunjukan akan melakukan pembelian yak? Apa yang salah ya? Hayo kamu pernah mengalami ini gak? Jangan malu untuk mengaku dosa kok. Tenang pada artikel ini, akan kita buka tips penjualannya. Agar mereka bisa segera deal terjadi closingan.

Nah untuk sekedar ilmu pengetahuan nih ya. Otak kita, manusia itu terbagi atas 3 bagian. Ini kita bicara sisi psikologi ya? Bukan secara ilmu biologi.

– reptil area

– emotional area

– cognitive area

Kita tidak akan bahas satu per satu ya mengenai bagian-bagian dari otak ini. Tapi akan kita bahas secara berkesinambungan, kenapa customer itu tidak kunjung beli saat kita prospekin.

Reptil area, penjelasan simpelnya adalah bila seekor reptil dalam keadaan berbahaya. Entah itu bertemu lawannya atau sesuatu yang berbahaya dan mengancam keselamatan mereka. Apa sih yang akan mereka lakukan bila dalam keadaan tersebut? Mereka akan melakukan 2 hal, yaitu kabur untuk mencari aman agar selamat atau menyerang lawannya bila keadaan sudah benar-benar terdesak.

Apa hubungannya dengan customer yang kita prospekin? Hubungannya adalah bisa jadi saat kita melakukan pendekatan dan memprospek. Otak mereka sedang berada seperti reptil, iya masuk kedalam reptil area. Jadi yang mereka lakukan adalah sebuah penolakan dan tidak peduli dengan apapun yang sales katakan. Karena pikiran mereka adalah, saya mau di apa kan nih? Mau tawarin apa lagi? Kapan sih selesainya obrolan tidak jelas ini. Dan pikiran-pikiran lainnya. Intinya sebuah penolakan dan sudah melakukan pembatasan akan kelanjutan proses terjadinya penjualan. Artinya tugas kita sebagai sales, sudah gagal. Mau berapa lama pun kita berbicara. Tidak akan terjadi namanya hasil closing.

Yang harus kita lakukan adalah, pindahkan terlebih dahulu cara pikir mereka ke emotional area. Sebuah area yang membuat seorang customer merasa nyaman dengan keberadaan kita sebagai sales. Caranya adalah kita wajib menjalin hubungan terlebih dahulu. Akrab terlebih dahulu, baru melakukan pendekatan selanjutnya. Bila kondisi sudah memungkinkan silahkan lakukan presentasi dan memprospek.

Nah semoga tips penjualan yang simpel dan sederhana ini membantu kinerja sahabat sales semua. Banyak tips yang bisa sahabat dapatkan loh dengan mengikuti pelatihan sales lebih lanjut. Silahkan yak menambah skillnya. Happy Selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini