office, business, colleagues

Sales jelek ? Pecat langsung kali ya

Semangat pagi sahabat sales, bagaimana kabar hari ini? Sudah makin banyak closingan nya untuk bulan ini ? atau masih berkutat dengan calon customer ? semangat terus ya. Kali ini kami mau menyapa, para leader, manager, atasan para sales. Bagaimana kinerja tim nya sampai hari ini ? bagus ka? Atau jelek cara penjualannya? Kali ini kami tidak bicara tips penjualan atau pelatihan sales ya. Tapi lebih fokus kepada tim penjualan ya. Tim sales.

Angka Tim salesnya bagaimana? Sudah capai target angka perbulannya? Atau masih tersendat-sendat dalam proses closingnya. Jangan buru-buru langsung memutuskan memecat mereka ya. Coba perhatikan dan cek kinerja mereka. Sales jelek bukan berarti diri mereka tidak mampu, bisa jadi mungkin malah diri kita sebagai atasan yang malah kurang baik dalam mendidik mereka.

Kita bisa menggunakan teknik coaching dalam mencari tahu, kenapa mereka bisa dalam kondisi yang kurang baik. Coaching tentunya bukan memarahi mereka loh ya. Tapi mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi kepada mereka.

Coaching bukan mengajari tips penjualan atau seperti memberikan pelatihan sales. Tapi lebih mendengarkan cerita mereka dan kita memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan cerita mereka tersebut. Artikel ini tidak akan membahas mengenai apa itu coaching dan lainnya. Kami akan lebih menekan kan pada kemampuan para leader menghadapi tim salesnya yang dalam kondisi kurang baik dalam melakukan closing.

Melakukan pendampingan bukan hanya pada saat mereka dalam kondisi drop, buruk, jelek, atau apapun istilah lainnya. Tapi kita sebagai team leader harus mampu membimbing atau memperhatikan mereka meskipun dalam kondisi bagus-bagusnya. Karena dengan kita melakukan kegiatan tersebut, artinya kita mempunyai track record atau history mereka. Apa yang membuat mereka dalam kondisi bagus dan tentunya juga bisa paham apa yang menyebabkan mereka dalam kondisi jelek.

Sebagai team leader, kita harus mampu dituntut untuk bisa menemukan HOT BUTTON mereka. Kita bisa mengorek atau memfokuskan pada kondisi apa mereka bagus dan jelek. Dengan ada nya hot button, kita bisa menekan button tersebut kepada mereka yang sedang dalam kondisi buruk. Dan efek yang kita harapkan adalah mereka bisa semangat lagi sehingga angka penjualan mereka bisa tetap terjaga.

Semoga artikel ini membantu para team leader ya, walaupun kali ini tidak membahas tips penjualan atau mengenai pelatihan sales. Semoga teman-teman leader tergugah untuk belajar mengupgrade skill nya. Sehingga tidak main pecat, kalau salesnya jelek. Bisa jadi bukan mereka yang jelek, tapi kemampuan leader yang kurang.

Happy selling.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini