3 Hal Yang Wajib Anda Sadari Saat Virtual Presentation

Speaker VNSC

 RAHMADSYAH

Pelatih berpengalaman di bidang Public Speaking

Materi yang akan dibawakan  : “Virtual Business Presentation

Saat melakukan presentasi. Sebenarnya baik itu dari daring atau luring. Sebagai presenter kita wajib memperhatikan hal hal di bawah ini. Cuma, karena virtual maka ada yang lebih perlu untuk dipertimbangkan.

  1. Tujuan Presentasi
    Ketika melakukan presentasi bisnis. Biasanya tujuan kita diundang oleh klien tidak selama berujung kepada negosiasi. Namun bisa jadi tujuan presentasi adalah alternatif idea, pendalaman program, atau kesepakatan harga.

    Pentingnya memahami agenda presentasi ini agar kita bisa menyiapkan materi dan pendukung pertemuan. Apalagi bersifat online.

    Contohnya, jika klien ingin melihat cara kerja produk Anda. Saat offline Anda bisa memdemokan langsung. Tapi kalau online akan lebih efektif apabila memperlihat pergaannya dalam bentuk video.

  2. Jadwal Presentasi
    Persis saat kita melakukan prentasi luring. Waktu wajib kita ketahui. Namun, saat virtual presentasi. Jadwal sangatlah perlu Anda perjelas. Maksudnya?

    Sebagaimana kita ketahui, waktu Indonesia terbagi menjadi WIB (waktu Indonesia Barat), WITA (waktu Indonesia Tengah) dan WIT (waktu Indonesia Timur). Pembagian waktu ini akan menyebabkan perbedaan jam.

    Saya pernah mendapat kesempatan mengisi jadwal mengajar online untuk salah satu cabang klien di Maluku (Ambon). Pelaksanaan training dimulai pukul 09.00 waktu di Maluku. Maka, saya jam 07.00 sudah siap mengajar di Jakarta.

  3. Lokasi/Tempat Presentasi
    Selayaknya melakukan presentasi luring. Sudah pasti tempat pelaksanaan jauh dari gangguan kebisingan. Atau hal hal yang bisa merusak jalannya presentasi.

    Begitupun saat virtual presentasi. Meskipun kita bisa melakukan di mana saja termasuk di rumah. Tapi kita wajib memastikan aman dari suara-suara keriuhan dan kebisingan. Seperti suara motor, tukang sayur dan terikan anak anak.

    Dan yang paling penting menurut saya. Anda wajib memastikan lokasi tempat Anda melakukan virtual presentasi tidak berada di titik blindspot. Walaupun memiliki jaringan wifi kencang. Terkadang disudut dan posisi tertentu jaringan bisa tidak stabil.

Oleh karena itu, agar virtual presentasi Anda berjalan lancar. Pastikan tiga hal ini; tujuan, jadwal dan lokasi sebelum Anda memulai virtual presentasi Anda. Semua ini akan saya bahas di Virtual National Sales Conference 2020.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini