Sales Tidak Pernah Capai Target? Salah Dimana?

Speaker VNSC

 ANTONIUS ARIF

Sales Performance Expert

Materi yang akan dibawakan  : “5 Tembok Penghambat Kemampuan Sales

Dalam sebuah pelatihan, ada seorang sales yang telah bekerja kurang lebih 1,5 tahun dengan prestasi yang sangat kurang mengembirakan. Selama waktu tersebut tidak sekalipun mencapai target bahkan untuk mencapai 30 persen target saja tidak bisa. Apa yang salah? Apakah yang salah adalah sales tersebut? Apa ada salah atasannya juga?

Setelah saya lakukan pencarian fakta kepada atasannya. Atasannya sudah menegur orang tersebut berulang kali bahkan sudah di”coaching” menurut pengakuan atasannya. Wahh, ini menarik menurut saya. Lalu saya meminta sales tersebut diundang dan saya lakukan coaching didepan para manajer sales yang sedang mengikuti pelatihan Performance Manager. Saat si sales tersebut maju, saya bertanya “Sudah siap dicoaching? ” dan dijawab, “Sudah, coach” dan saya penasaran. Apa sih di-coaching? Dan dijawab olehnya, “Dimarahin, Coach” dan saya serta peserta tertawa.

Ini sudah menunjukkan bahwa atasan sebelumnya melakukan coaching yang artinya diomel-omelin. Ini sudah sebuah kesalahan yang besar. Yang kedua, saya lalu lanjutkan melakukan coaching kepadanya. Selama melakukan coaching, saya menggunakan pendekatan Sales Solutio Coaching Technique dan saya menemukan bahwa problem sales tersebut ternyata ada di bagian mindset. Tidak lama kemudian maka orang tersebut menangis saat saya mengenai hot button-nya dan saya lakukan intervensi tertentu dan walhasil orang tersebut termotivasi sangat tinggi.

3 minggu kemudian setelah coaching, saya mendapat kabar yang sangat mengejutkan bahwa sales tersebut akhirnya mencapai target pertama kali dalam hidupnya dan dalam tempo beberapa bulan kemudian lagi lagi mencapai target. Hmm apa yang terjadi ya kira – kira?

Nah hal itulah yang saya akan bagikan di virtual national sales conference 2020 dalam tema 5 penghambat kesuksesan Sales. Untuk informasi detail http://antoniusarif.com/vnsc-2020/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silahkan Pilih Salah Satu Di Bawah Ini

Pastikan anda mewakali perusahaan anda dalam mengisi assessment ini